logo

Self Portrait As Man Ray

Potret Diri Sebagai Man Ray

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Title

‘Potret Diri Sebagai Man Ray’ Self Portait As Man Ray

Artist

Edwin Roseno Kurniawan

Medium

Photogram On Silver Gelatine Paper

Size

100 cm x 127.5 cm (25 pcs @ 20 cm x 25.5 cm)

edition

Monoprint

Year

2021

Sejak beberapa tahun yang lalu, ketika saya membangun dan mengaktifkan sebuah laboratorium kamar gelap untuk masyarakat umum yang tertarik dengan fotografi analog dan beragam teknik cetaknya. Saya memulai dengan tahapan paling dasar pengenalan cetak analog fotografi dengan teknik fotogram, sebuah proses cetak dalam kamar gelap tanpa menggunakan kamera. Fotogram adalah temuan abad 19, sebagai peletak dasar temuan mutakhir hari ini yang kita kenal sekarang sebagai scanner. Temuan mutakhir yang ditemukan oleh ilmuan ilmuan terus menerus diteliti dan dikembangkan untuk menjadi temuan temuan baru. Seperti halnya ilmu yang dipelajari dan dikembangkan menjadi ilmu ilmu baru yang menjadi sebuah pemikiran.

Raw Power adalah seri karya di mulai tahun 2019 yang bercerita tentang hubungan alat alat kerja tangan dan relasinya terhadap kerja dan peran dalam kehidupan orang orang disekitar saya. Saat ini gagasan dan teknik itu saya kembangkan menjadi sebuah susunan baru dalam menciptakan sebuah potret representasi diri atau sebuah gambaran personalitas seseorang.

Man Ray (1890 – 1976) adalah seniman Amerika yang sebagian besar karirnya di Paris. Dia juga seorang kontributor penting bagi gerakan Dada dan surelisme. Selain sebagai pelukis dia juga terkenal sebagai pionir dalam fotografi seni dan fashion. Beberapa karya terkenalnya menggunakan fotogram dan menyebutnya sebagai Rayograph.